Enam Sekolah Belum Dapat Difungsikan

Ambon – Kendati enam sekolah yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) telah diserahkan kepada Pemerintah Kota (pemkot) Ambon, namun hingga saat ini, enam sekolah yang dibangun di beberapa kawasan tersebut belum juga difungsikan.

Sejumlah sekolah yang dibangun pemprov tersebut, yakni SD Kate-Kate, Kecamatan Teluk Ambon, SD Kramat Jaya Kecamatan Nusaniwe, SD Kayu Tiga Desa Soya Kecamatan Sirimau, SD di Pengungsian STAIN Desa Batu Merah dan SD Gunung Malintang Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau serta TK Pertiwi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Beny Kainama, saat dikonfirmasi, wartawan di ruang kerjanya, Jumat (1/7), menjelaskan, enam sekolah tersebut belum dapat difungsikan karena menyangkut dengan status tanah yang belum jelas.

“Usai pemprov menyerahkan enam sekolah ini ke pemkot, Inspektorat Kota langsung melakukan pemeriksaan, di mana ada beberapa hal yang harus dipenuhi seperti status tanah di mana sekolah-sekolah itu dibangun,” ungkapnya.

Dijelaskan, bukannya pemkot tidak mau memfungsikan enam sekolah tersebut, namun pemkot dalam menerima bangunan yang akan menjadi aset pemkot harus sesuai dengan standar, seperti kejelasan menyangkut status tanah yang dibuktikan dengan sertifikat tanah.

Diakuinya, sertifikat tanah dari sekolah merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam memproses pengurusan izin operasional.

“Kita bukan tidak memfungsikan sekolah-sekolah tersebut, namun sekolah-sekolah ini harus sesuai standar,” jelasnya. (S-26)

sumber: www.siwalimanews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*