Goes to School in SMP Pertiwi Ambon

Pada tanggal 31 Januari kemarin, Goes to School  diadakan di SMP Pertiwi Ambon. Seperti biasanya kelas guru akan lebih banyak membahas tentang Literasi Digital dan media pembelajaran kreatif melalui video inibudi. Hal ini cukup menarik karena sebagian besar guru belum mengetahui cara menggunakan powerpoint atau microsoft excel  dan bagaimana mengakses internet untuk mendapat informasi/pengetahuan. Para guru antusias menyimak materi yang disampaikan.
Follow up kelas literasi digital ini adalah guru-guru SMP Pertiwi Ambon melanjutkan proses belajar cara mengakses internet  dan membuat presentasi dengan menggunakan power point di Heka Leka Education Center.
Pada  kegiatan goes to School, peserta didik mengikuti kelas inpirasi dengan beberapa tema diantaranya pengenalan diri, Ragam budaya (Bandung-Spanyol) dan Antibully.  Pada kelas pengenalan diri ditemukan hampir sebagian besar peserta didik berasal dari latarbelakang ekonomi keluarga yang terendah karena  pekerjaan orangtua sebagai buru kasar, pedagang kaki lima, cleaning service, tukang ojek atau becak dan sebagainya. Hal ini kemudian menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi presfektif  mereka terhadap hidup.  Sebagian dari mereka mengungkapkan merasa malu, mudah menyerah dan tidak berani menyampaikan pendapatnya di depan umum atau saling mem-bully dalam kelas.  Melalui sesi ini peserta didik lebih diajak mengenali diri, mengakui hal-hal yang possitif yang dimilikinya dan belajar dari pengalaman orang lain yang telah berhasil dalam hidup seperti Jack Ma dan Qian Hongyan.
 
Pada kelas Ragam Budaya, kakak Fadra Sulthanika dan Samuel Fors membagikan pengalaman budaya dan bahasa daerah mereka.  Sedangkan pada kelas Antibully, peserta didik memberikan apresiasi kepada diri sendiri dan orang lain dengan memilih perkataan dan tindakan yang positif dan mendukung. Hal ini coba diperankan dalam permainan ular tangga dimana anak-anak harus bermain dengan jujur dan saling mendukung satu dengan lainnya.  Semoga kesempatan ini akan dapat memberikan makna nilai  hidup dari sebuah refleksi pengetahuan yang diperoleh. Teruslah belajar!
Salam Maluku Cerdas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*