Art Therapy for Kids

Tanggal Terbit: 19 March 2018 Penulis: Media Hekaleka Kategori: Pendidikan

Apa itu Art Therapy ? Seberapa besar manfaatnya bagi kita?
Pada dunia psikologi, Art Therapy merupakan sejenis psikoterapi, teknik konseling, dan program rehabilitasi yang membuat karya seni untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental dan emosional seseorang. Art therapy bermanfaat digunakan pada anak-anak yang kemungkinan tidak memiliki kosakata untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan atau pikirkan, Orang-orang yang pemalu dan menarik diri, atau tidak merasa nyaman berbicara dengan konselor, Orang yang menderita autisme, demensia, cacat kognitif, dan cedera otak traumatis dan korban tindakan kekerasan, serta orang yang mengalami penyakit mental seperti gangguan stres pascatrauma, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan.

Pada aktivitas sekolah, art therapy sering juga dipakai untuk menangani anak yang kesulitan belajar. Sebuah kelas terapi seni bersama mrs Shira Singer memberikan beberapa wawasan untuk guru dan malessy tentang bagaimana menggunakan seni secara efektif dalam mengajar dan mendemostrasikan beberapa jenisnya seni yang bisa digunakan saat melakukan pendampingan kepada anak.

Semoga guru dan malessy memperoleh inspirasi dan terus belajar mengembangkan seni sebagai salah satu media belajar yang membangun rasa ingin tahu dan ketertarikan anak didik untuk belajar.

Salam Maluku Cerdas