Pelatihan Peningkatan Kapasitas Dan Ketrampilan Bagi Pelaku Usaha Kelautan Dan Perikanan II di Kepulauan Buru, Kota Namlea

Tanggal Terbit: 14 March 2019 Penulis: Media Hekaleka Kategori: Pendidikan

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Dan Ketrampilan Bagi Pelaku Usaha Kelautan Dan Perikanan II
Tanggal 12 Maret 2019 kemarin di Kota Namlea, Kabupaten Buru.
Pelatihan ini dilakukan oleh @ukmcenterfebui berkolaborasi dengan ASTRA untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi Nelayan Desa yang ada di Kota Namlea, Kabupaten Buru.
Heka Leka diajak untuk turut berkolaborasi berbagi dengan para nelayan tentang Literasi Keuangan, yang narasumbernya adalah Bapak Angky Loupatty.

Setiap hari, nelayan berhasil menangkap dan menjual ikan. Uang yang dihasilkan seharusnya lebih dari cukup untuk kehidupan sehari-hari dan menabung. Akan tetapi, nelayan mengalami kesulitan untuk mengelola pemasukkan yang ada.
Dalam sesi ini, kami berbagi tentang bagaimana mengatur uang dengan baik, cara dan tekniknya agar uang hasil tangkapan sehari tidak habis begitu saja.
Salah satu kunci dasarnya adalah harus rajin mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran agar tahu hasil dan keuntungan uang yang didapat dari kegiataan melaut setiap hari.
Kegiatan ini bertujuan agar nelayan Buru dapat memanejemen keuangannya dengan lebih baik sehingga dapat mandiri dan sejahtera.

Kegiatan ini dihadiri oleh 25 nelayan dari beberapa Desa yang ada di Namlea.

Mari tekun dan pandai mengatur setiap pemasukan dan pengeluaran kita. Mencatat pengeluaran mungkin seringkali dianggap sepele, tapi jika melakukannya, dampaknya akan sangat besar dalam manajemen keuangan kita.
Bijak sejak dini untuk hidup yang lebih baik.
Salam Maluku Cerdas.